Suka Duka Tukan Service AC, Ditulis dari cerita teman-teman di group. Semoga semua bisa lebih bijaksana.
Listrik rumah Pelanggan (cs) turun terus. Udh panggil orang PLN katanya kelebihan daya. Kata orang PLN nya masalahnya di AC. Cs TLP saya sebagai tukan AC, suruh ngecek AC Amper nya naik sampe 7.2 AC 1/2pk. Langsung saya eksekusi . Dan ternyata kapasitor mati. Cs tanya ganti kapasitor berapa saya kasih harga 250rb. Trus cs nya minta beli materialnya bareng sama dia trus dia yg beli materialnya. Pas AC sudah beres saya kasih harga 150 jasa aja di bilang kemahalan. Akhirnya di tawar 130ribu.
Saya pernah ngerjain tempat teman Ganti kapasitor,saya bawa kapasitor. Kalau ganti saya tarik biaya 75rb, sudah murah bngt pdhl.
Kemudian dia bilang mau beli kapasitor sendiri. Dia keluar beli kapasitor,saya beres beres alat. Pas dia balik bawa kapasitor saya pamit pulang,dan kapasitor saya suruh pasang sendiri. Irfan Pamungkas sakit rasanya bang…
Kita kan jual jasa,prosesnya jatuh bangun untuk jadi teknisi ahli itu panjang.
Orang yg nggak ngerti cuma kapasitor kan murah harganya. Dah kalau kayak gitu langsung saya tinggal. Kalau mahal nawar aja atau dibatalin itu lebih kita hargai, daripada bilang mahal tp membanding bandingkan.
Di ikhlasin aja mas, jasa pasangnya murah. yang mahal itu analisanya. Irfan Pamungkas kita punya 2 pilihan bang, Lakukan cara ini atau kerjakan dengan ikhlas, nanti dpt ganti rejeki lain. Memang ini proses kita sebagai teknisi,yg sudah terjun lama pasti nggak kaget dengan hal seperti ini.
Kalau saya pribadi harga segitu cocok saya kerjakan nggak cocok saya pergi (cuma pergi saya jelaskan dengan penyampaian yg sopan).
Adakah yang pernah ngalamin belum di tarik ongkos udah di kasih amplop setelah amplop di buka menghela nafas sambil bersyukur?
Pernah suatu malam ngecek AC di klinik, saya udah istirahat udah jam 9 malem, di kliniknya ada pasien katanya ac nya tidak bisa d remote dan ternyata kode remote saja yg pencet, ketika sudah selesai saya langsung d kasih amplop dan ternyata isinya segini.
Rengga Zatulini serius ini gan…. saya juga pernah mengalami, di telpon jam 8 MLM, bilang AC nya gak bisa di remote,rumah kosan yang nelpon yg punya kosan, rupanya saya bersihkan pakai minyak aja sudah bisa sensornya di remote lagi,saya tagih 50rb di bilang cs nya mahal kali,di tawarnya 30rb, itu pun gak pake uang cash, main transfer pula.
Intinya penjelasan ke customer harus jelas. Jelasin setelah dianalisa yang rusak kapasitornya untuk jasa penggantian kapasitor itu 250rb.
Jelasin aja.memang harga asli kapasitor kurang lebih 50rb.
Tp harga yg saya kasih itu adalah sesuai dengan keahlian saya dan bergaransi.kl customer ya nego,selama tidak merugikan dan memberatkan kita ya kasih aja namanya juga biar langganan.maaf menggurui ya..saya juga sama-sama belajar.
kalau saya mengunankan sistem jasa panggilan teknisi dengan harga 300k. untuk ac 1/2- 1 pk . mau penangan service atau periksa kerusakan part aja. user mau ok enggak ya tidak masalah. karena konsumen sudah pada pintar. kadang cuma cari kerusakan nya aja sudah tahu dikerjakan sendiri..
Kalo saya ganti kapasitor cuma 150rb untuk setengah PK sampai 1 setengah PK disesuaikan jarak dn medannya sulit apa tdk, karena kapasitor saya tdk pernah beli, pakai yg bekas saja atau copotan yg masih layak dan mikro nya kurang lebih sama. Di tukang rongsokan atau pengepul besi tua banyak berserakan dibuang aja atau di bakar.
Cek AC trouble kapasitor short, saya pasang kapasitor bekas langsung bisa jalan. Ganti ongkos kapasitor aja 100 rb tidak mau dan di nego 20 rb gantinya ongkos bensin nanti di belikan sendiri yg baru. Besoknya di telp lagi “Mas mas tolong pasangin dong AC sdh di matikan kapasitor tak lepas kok nyetrum ya?” Mesti dijawab apa?
Tukang service Kasih harga dulu. Baru eksekusi, saya ganti kapasitor 175rb
ongkos 150rb. Ilmu mahal bos dan alat-alat kita juga beli beli jadi jangan mau aja di kasih murah.